Terlalu Lama Menumpang Bangun Rumah Terlupakan

Terlalu Lama Menumpang Bangun Rumah Terlupakan

Kebutuhan tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang yang sudah berkeluarga, hal tersebut dilakukan agar dapat hidup layak dan nyaman.

Namun pada kenyataannya tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan tersebut seketika dengan keringatnya sendiri meski sudah berkeluarga bahkan telah beranak pinak.

Saat inipun mungkin masih banyak orang yang tinggal di rumah orangtua, mertua atau rumah dinas. Alasannya adalah terpaksa menumpang tinggal karena belum mampu membeli rumah, ada pula yang memilih tinggal bersama orangtua karena alasan khusus.

Sebagian yang lain, mungkin masih menikmati tinggal di rumah dinas. Namun perlu diingat rumah dinas itu mempunyai batas waktu pemakaian.

Hal terburuk adalah ketika Anda terkena PHK tentunya jatah rumah dinas ikut hilang.

Nah kira-kira Anda termasuk kelompok yang mana?

Pasti semuanya memberikan kenyamanan bagi anda namun jangan sampai anda terlena dan lupa untuk memiliki atau bangun rumah sendiri.

Di sisi lain, rasanya kurang bijak ketika sudah menikah tetapi masih bernyaman-nyaman tinggal di rumah orangtua atau mertua. Karena ketika memutuskan menikah maka Anda siap hidup mandiri.

Budi Raharjo, perencana keuangan OneShildt Financial Planning, menurutnya, ketika kita masih tinggal di rumah dinas atau menumpang di rumah mertua membuat kita terlena sehingga lupa untuk membangun rumah sendiri.

Tinggal di rumah orang tua atau mertua sangat minim pengeluaran. Pengeluaran terkait rumah seperti listrik atau air sifatnya operasional yang biayanya relatif kecil.

Alih-alih menyisihkan penghasilan untuk pembelian rumah tiba-tiba anak pertama lahi, kocek Anda mungkin sudah keburu kering dibelanjakan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan anak.

Jika sudah begitu, bukan mustahil hingga tua pun, Anda tidak juga mampu memiliki rumah sendiri.

Lalu, bagaimana cara memiliki rumah sendiri?

ada beberapa cara untuk memiliki rumah sendiri namun ada baiknya sebelumnya anda menabung atau berinvestasi terlebih dahulu agar memudahkan kepemilikan rumah di kemudian hari.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk dapat memiliki rumah sendiri.

Bangun Rumah Sendiri Bertahap

 

Gunakan Fasilitas KPR

 

Beli Rumah Bekas yang Murah

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *