Inilah Perkiraan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Membangun sebuah rumah adalah impian setiap orang. Banyak model rumah yang menjadi impian salah satunya adalah bangunan minimalis. Apa sih Rumah minimalis itu? yaitu rumah modern yang dibangun dengan lahan yang tidak begitu luas namun memaksimalkan penggunaan lahan tersebut, sehingga membuat bangunan yang sangat optimal dalam penggunaan lahan.
Rumah minimalis memiliki beberapa tipe, type 21, type 36, type 45, type 60 dan lain-lain sesuai dengan keinginan. Maksud dari angka pada type ini adalah ukuran bangunan rumah dalam skala meter persegi. Sebagai contoh  45/60 yang berarti luas bangunan rumah adalah 45 meter persegi dan luas tanah adalah 60 meter persegi.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan type bangunan yang akan Anda bangun. Dengan hal tersebut Anda dapat membuat anggaran sehingga Anda dapat mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah idaman Anda.

Biasanya konsep membangun atau membuat rumah minimalis ini biayanya bervariasi. Bisa saja lebih kecil atau lebih besar dibandingkan rumah yang sudah jadi. Namun dengan membangun sendiri kita dapat memilih bahan bangunan, aksesori serta perlengkapan yang  akan digunakan. Berikut ini adalah uraian perkiraan biaya pembangunan rumah minimalis

Berapakah perkiraan biaya membangun rumah minimalis?

biaya membangun rumah minimalis

1. Ongkos tukang bangunan

Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika ingin membangun rumah minimalis adalah jasa tukang bangunan. Anda perlu memikirkan jumlah tukang yang hendak diperkerjakan untuk membangun rumah minimalis sesuai konsep Anda.

Biasanya untuk membangun rumah minimalis diperlukan tukang disertai dengan asisten yang akan membantu menangani pekerjaannya. Untuk pembangunan rumah minimalis umumnya diperlukan 5 – 7 orang, dengan rincian 3 orang tukang dan 4 orang asisten. Biaya tukang pada umumnya berkisar Rp 150.000 per hari. Sementara untuk asisten tukang Rp 100.000 per hari.

Jadi biaya yang dibutuhkan untuk jasa tukang bangunan per hari nya adalah Rp. 850.000 per hari.

2. Perkiraan Biaya Bangunan

Hal selanjutnya yang harus dipikirkan adalah biaya bangunan. Biaya bangunan yang dimaksud adalah biaya perizinan bangunan (IMB) dan biaya material bangunan. Biaya pembangunan bergantung pada luas bangunan. Misalnya, jika Anda ingin membangun rumah tipe 36/75. Luas tanah adalah 75 m2. Misalkan kita membuat Harga bangunan per meter adalah 3.5 juta maka kebutuhan biaya bangunan adalah 4  juta x 36 m2 = 144 juta dan biaya IMB sekitar 4 sampai 5 juta rupiah.

Sehingga total untuk biaya material bangunan dan izin sebesar 150 juta rupiah.

3. Biaya tak terduga

 

Tambahkan 10% dari biaya pembangunan rumah minimalis secara keseluruhan sebagai biaya tak terduga. Jumlah tersebut sangat cukup untuk dana darurat.

Perkiraan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Total kebutuhan biaya pembangunan adalah sekitar 300 juta rupiah untuk biaya tukang dan biaya material bangunan. Sudah tau kan? nah sekarang anda tinggal mengumpulkan uang anda terlebih dahulu.

Itulah perkiraan biaya membangun rumah minimalis yang dapat kami sampaikan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *